Makanan Sebelum Latihan Fitness

Makanan Sebelum Latihan Fitness mutlak yang harus diperhatikan untuk meningkatkan hasil latihan fitness

makanan-sebelum-olahraga

6 Makanan Sebelum Berfitness

Makanan Sebelum Latihan Fitness mutlak yang harus diperhatikan, karena dengan konsumsi makanan yang benar dapat meningkatkan hasil latihan dan mencapai bentuk badan ideal sesuai yang anda harapkan.

Untuk memngkonsumsi makanan, sebaiknya menggabungkan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan karboidrat sederhana.

Karbohidrat sederhana, mudah diserap tubuh dan kalorinya mudah terbakar dengan cepat, sedangkan karbohidrat kompleks akan lambat terserap tubuh dan proses pembakaran kalorinya akan lebih lama Berikut 6 Makanan Sebelum Berfitness.

1424278-melompat-tali-780x390

6 Makanan Sebelum Anda Berfitness :

  • Roti gandum dengan selai

Roti tawar atau roti gandum merupakan sumber karbohidrat sederhana yang mudah diserap oleh tubuh dan selai merupakan sumber karbohidrat kompleks. Perpaduan dus jenis karbohidrat ini mrupakan komposisi yang cukup tempat digunakan sebagai sumber asupan makanan sebelum latihan.

  • Oatmeal

Oatmeal merupakan salah stau contoh makanan yang cukup baik dikonsumsi sebelum berolahraga atau latihan fitness di pagi hari. Sekitar 1 atau 2 jam sebelum berolahraga, sebaiknya anda mengkonsumsi oatmeal sebagai sumber karbohidrat.

  • Beras merah dan ayam

Beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang lebih baik dibandingkan dengan nasi putih dan ayam adalah sumber protein yang sangat bik untuk pembentukan otot anda.

Sebagai ganti penggunaan ayam sebagai sumber protein, anda bisa mengkonsumsi protein nabati seperti tahu, namun perlu diingat, konsumsi makanan pokok seperti beras merah dan ayam atau tahu sebaiknya dilakukan 1 hingga 2 jam sebelum latihan dan menu ini sebaiknya disajikan sebelum anda olahraga pada siang hari maupun malam hari.

  •  Roti dengan keju atau telur

Salah satu alternatif makanan lainnya yang bisa anda konsumsi sebelum latihan fitness adalah makanan dengan kombinasi roti dengan keju rendah lemak atau telur orak-arik.

Roti terutama roti gandum merupakan sumber karbohidrat sederhana yang mudah diserap tubuh dan keju rendah lemah atau telur orak-arik sebagai sumber protein. Kombinasi makanan ini sangat baik dikonsumsi untuk anda yang akan fitness di pagi hari.

  • Minuman Berkafein

Mengkonsumsi minuman berkafein sebelum berolahraga ternyata sangat baik dilakukan, karena menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Muscle, Kopenhagen, mengkonsumsi minuman berkafein sebelum berolahraga dapat membuat anda lebih menikmati latihan fitness, meningkatkan energi dan mengurangi nyeri otot setelah latihan.

Namun perlu diingat, anda pun harus tetap konsumsi makanan berkarbhidrat dan berprotein selain minuman berkafein untuk mencegah terjadinya iritasi dilambung akibat kurang asupan makanan.

  • Mengatur waktu makan

Mengatur waktu makan sebelum latihan adalah hal penting yang tidak boleh anda lewatkan. Untuk waktu makan terbaik, sebaiknya anda mengkonsumsi makanan pada saat 45 menit sampai satu jam sebelum latihan terutama saat anda mengkonsumsi makanan berat.

Jika anda berolahraga atau melakukan latihan fitness dengan perut yang masih penuh atau jeda antara makan dan latihan sangat singkat, maka anda akan merasa lebih lesu saat latihan dan mungkin saja bisa terjadi kram perut.

Namun jika anda tergolong orang yang tidak bisa menunggu selama 45 menit, anda bisa mengkonsumsi camilan ringan yang rendah lemak

berolahraga latihan fitness
More from Olah Raga Fitness

Leave a Reply

Back to Top